Kamis, 12 November 2009

LAYER 4 TRANSPORTATION

LAYER 4 TRANSPORTATION

entah apa maksudnya yang pasti pada layer ini terdapat fungsi 2 yang berhubungan dengan transport data( segmen) .secara umum layar 4 meng handle , end to end comunication, membangun, menjaga, mememutuskan virtual circuit, deteksi error dan recovery error tsb, yang paling khas dari layar ini adalah pengunaan data segment dan beberapa protocol ( TCP/ UDP ) dan tentunya port komunikasi .




Layer 4 membagi menjadi 2 macam pemodelan koneksi yaitu koneksi yang mengunakan TCP dan UDP .

TCP ( transfer control protocol ) digunakan untuk koneksi koneksi yang memerlukan keakuratan,TCP selalu melakukan proses sync dan acknowledge sebelum melakukan transaksi ( tranfer/ricieve) data segment[ connection oriented ].untuk TCP data yg diterima /di transfer dapat jamin ( garansi ) layak/bagus.permasalahn yg mungkin terjadi adalah Over head .




UDP (User Datagram protocol ) digunakan untuk koneksi 2 yg tidak memerlukan ke akuratan data. UDP hanya beroriantasi untuk mentransmite data tampa perduli data tsb bagus atau error yg penting kirim kirim kirim . diterima , bagus gak bagus, urusan belakang heheh :)
di UDP



PORT

satu yang menjadi ciri layar 4 adalah penggunaan port . jalur /pintu secara logical dimana sebuah sistem ingin masuk dan berkomunikasi melalui port tsb . port untuk layer 4 ada banyak beberpa port yang udah ngetop adalah

Port Menurut IANA
-publik port [ 1-255]
-private port[256-1023]
-dynamic client port [1024-65535] banyak kan

port port yang umum digunakan

-tcp 21 ==> FTP control
-tcp20 ==> FTP Data
-tcp23 ==>Telnet jangan lupa sering di guna in soalnya
-tcp25 ==> SMTP
-tcp/udp 53 ==>DNS
-udp 69 ==>TFTP/route
-tc 80 ==> web /http tau kan ..!
-udp161 ==>SNMP
-udp 162 ==> SNMP Trap
dan masih banyak lagi

oh iya balik ke masalah conection /connectionless ada beberapa permasalahan over head yaitu
masalah gak syncronnya bit disalah satu ( Tx atau Rx) dikarenakan kecepatan transfer bit yg tidak sama sehingga terjadi penumpukan bit. (jd nya error d ) hal ini dapat di atasi dengan teknik yang dikenal buffering dan slideing windows .
entar kita bahas yah

wasalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar