Kamis, 12 November 2009

LAYER 1 PHYSICAL

hmmn akhirnya kita samapai pada layer 1 yaitu physical . pada layer ini benar apapun yang terjadi benar benar masalah physic makanya disebut ebagai physical layer. layer ini bergantug pada teknik physic\ mekanikal electrical dari sebuah jaringan ( media jaringan ) hal yang paling penting dari layer ini adalah masalah clocking , ( kecepatan transmited \recieve bit bit )

Standar pada layer 1 adalah

1. EIA/TIA [RS232] 64kbps
2.EIA/TIA [Rs449] sampai 2 Mbps
3. V.24/V. 35 ITU standar (hampir sama dgn rs232 )

Topology Jaringan
-BUS
-Ring
-star
-point to point
-Mesh [ful\parsial]

Topology Bus
type ini biasanya di gunakan pada kebanyakan LAN yaitu secara serial terhubung kesuatu konsentrator\bridge\switch dengan menggunakan teknologi ethernet .dimana tiap hostnya selalu bergantian bila ingin berkomunikasi (CSMA\DC) biasanya juga mengunakan pilhan half duplex sampai dgn 10 Mbps yah standar ethernet lah .
10base 2 ==> 185 meter
10base 5 ===> 500 meter
10base T ==> 100 meter

ethernet standar
802.3 eth biasa ( e 10 Mbps )

802.3u Fast ethernet (FE 100 Mbps )
-half\full duplex support
100baseTx cable 100 meter
100baseFx

802.3z Giga ethernet ( GE 1000 Mbps)
-half\ful duplex support
-100baseT - 100meter
-100base Sx - multifiber mode 260 meter
-100baseLx single mode fiber 10 Kmeter
max transmited 1 Gb 8 bit @ 125 Mhz

802.3ae 10 GB ethernet ( 10 Gbps)


Ring Topology
type ini adalah tipe jaringan yang dianalogkan sebagai lingkaran ( walaupun kenyataannya gak ad yg seperti itu ) mendekatilah . intinya semua elemen jaringan terhubung satu sama lain sehingga menjadi sebuah loop tertutup. ciri lain dr type ini adalah untukmenghindari colution maka digunakan oneway / satu arah propagasinya , biasanya sich berlawanan jarum jam ( gak tau juga d ) , kecepatan transfer 4 Mbps sampai dengan 16 Mbps . dan jika sebuah element network putus maka akan ada arah berlawanan hanya untuk menegaskan dimana benar 2 terjadinya error atau putus ...!


FDDI \Fiber Distibution Data Interface
darikata katanya bisa kita tarik bahwa model kaya gini pasti menggunakan fiber sebagai koneksi interfacenya . ciri lain nya adalah dia menggunakan model seperti ring hanya saja menggunakan 2 buah type lingkaran ( logic ) dimana yang satu dengan yang lainya menjadi back up bila sebuah element netork putus sehingga tidak menggangu pendistribusian data .

FDDI broken link lihat arah distribusi dibuat senggaja berlawanan untuk mempermudah routing bila terjadinya error disalah satu element


Topology Star
-secara fisik bisa juga dibilang seperti LAN tapi secara logic type ini bisa dianggap WAN intinya harus ada sebuah konsentrator ( penggumpul ) element jaringan . contoh ARPNET


Mesh
tye ini tipe berjaring 2 dimana element jaringannya biasanya terhubung lebih dari satu interface ke jarinan lain nya. sama seperti jalan. type 2 ini biasanya digunakan pada analogi jaringan 2 kompleks dimana element nya nya menggunakan pengkodean administrasi ( AS aoutomonus system )

full mesh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar