Kamis, 12 November 2009

INTERNETWORKING

kalo kita terus dalami tentang teknologi hari gini, banyak baget yang harus diikutin dan banyak banget yg harus dipahamin. satu hal belom ngerti banget udah ada lagi teknologi yang baru hal hasil. gw jadi binggung harus mulai dari mana dan bagaimana mulainya ( paling gak gw tau kaya apa sich yg lagi trend di zaman IT hari gini ). so gw coba baca 2 dan cari tau . gak tau juga sich sebenernya udah bener apa gak, karena dunia IT ini bisa gw bilang sangat misterius. gak tau tuch tiba 2 aja banyak hal yg ajaib di bidang ini. selidik punya selidik kalo kata temen 2 gw bagus nya lw pelajari dasar 2 jaringan aja dulu . so ini lah di sini gw pengen buat catatan tentang Internetworking ini catatan berdasarkan pengalaman gw yg masih new bie ......:) jadi kalo ada yg perlu ditambahkan atau ada yg salah tolong dikoreksi ya ....!

INTERNETWORKING ...!

apaan sich tuch , ok ada bagusnya kalo kita balik dulu sejenak ke yg nama nya jenis 2 jaringan

1.LAN ( Local Area Network )
yang satu ini lw pasti ud pada tau , yaitu kumpulan beberapa komputer yg biasanya sich terdiri dari 2 atau lebih dan biasa menggunakan single fasilitas buat share dan lain ( ethernet/ hub ) model kaya gini sering di sebut juga sebagai intranet

2.MAN ( Metropolitan Area Network )
kalo dari kata katanya sich metropolitan berarti lebih gede dari pada LAN atau bisa juga kita anggap kumpulan dari beberapa LAN mungkin pada satu area atau geography yang berdekatan , biasanya menggunakan transmisi jarak jauh seperti Microwave dll

3.WAN (Wide Area Network )
kumpulan jaringan ( WAN/ LAN ) pada sekala besar maksudnya dalam geography yg besar hanya saja masih dalam satu cakupan administrasi yg sama, kaya jaringan 2 operator telkom dll , biasanya menggunakan teknologi jarak jauh ( remote ) seperti satelite atau pun line telpon. pada jenis jaringan ini biasanya selalu nambah (tiap periode pasti ada aja yg nambah buat gw pusing )

4.Extranet /VPN virtual private network
kalo yg ini agak beda benernya sich ini jaringan biasa ( publik ) yg dikususkan (dedicated ) buat keperluan segelintir orang / maksudnya dgn mencreat jalur kusus pada jaringan publik agar user bisa masuk ke dalam jaringan tertentu atau perangkat tertentu .

5.SAN ( Storage Area Network )
model kaya gini biasanya jaringan dgn kecepatan tinggi yg dpt menyambungkan beberapa perangkat penyimpanan yg dianggap sebagi server biasanya juga menggunakan Protocol NAS( network atlas Storage )/ terus model kaya mirroring, backup restore data dll... apaan sich protocol , makna nya susah di cerna cuma mungkin kaya gini protocol = semua procedur atau teknik/cara yg bakal di jalanin sebuah system atau perangkat untuk berkomunikasi dgn perangkat lainnya .

6. CDN ( content Delivery Network )
jenis ini kebanyakan jasa jaringan yg dapat mengcopi isi content web dan lain lain ke server terdekat dgn user jadi secara router atau jalur untuk meng akses data tidak harus jauh 2 karena sebagian data yg dierlukan sudah dicopikan oleh server terdekat .model kaya gini biasanya ada pada jaringan yg padat di sebuah ISP

Nah dari sekian jenis itu kalian bayangkan kalo kita coba untuk menyatukan semuanya .. ribet kan .. nah itu lah yg di sebut atau dikenal INTERNETWORKING , secara kata kata internetworking artinya proces pengkoneksian 1 atau lebih dari 1sistem jaringan sama atau gak sama jenisnya , yg bisa menjadi solusi di tiap tiap element networknya pokok ribet kalo buat gw mah ...!

tapi sebuah sistem komunikasi/jaringan bisa disebut sistem internetworking kalo syarat 2nya sudah dipenuhin yaitu

1. Harus Reliable ( maksudnya sistemnya emang bisa handalkan )
2.Harus Scalabilitiable ( ud bener blom yah tulisannya maksudnya kedepan hari bisa ditambah2 terus.
3.Harus Manageable ( ya iya lah punya sistem ky apa canggihnya kalo gak bisa di atur dan di kontrol buat apa juga )
4.Harus Secure ( yg satu ini harus banget maksud nya sistem bisa menggamankan hal 2 yg tdk berkepentingan supaya tdk bisa masuk ke sistem ini )

Nah mungkin dari sini kita bisa masuk kebahasan 2 lain nya yg lebih luas .....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar